Abstract:
Wulandara. Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning
Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa
Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia”. Penyusunan skripsi ini dibawah
bimbingan Taupik Sopyan, S.Pd.M.Si. sebagai Pembimbing I dan Dr. H.Awang
Kustiawan,Drs.M.M. sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan literasi sains siswa yang masih
rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
problem based learning menggunakan media audio visual terhadap kemampuan
literasi sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Waktu penelitian pada
bulan Mei 2023. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI IPA di SMAN 1 Kawali. Anggota populasi terdiri dari satu kelas dengan
jumlah 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One Grup Pretest Posttest Desigen. Instrument yang digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk soal
essai yang mengacu pada indikator literasi sains. Data hasil penelitian dianalisis
secara statistik dengan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji Z. Hasil
penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran problem based
learning menggunakan media audio visual terhadap kemampuan literasi sains siswa
pada materi sistem pernapasan manusia. Hal ini ditunjukan dengan data
berdistribusi normal dan uji hipotesis diterima. Berdasarkan perhitungan uji Z
diketahui bahwa Zhitung ≥ Ztabel dimana nilai Zhitung 3,57 ≥ Ztabel 2,33. Sehingga
dapat disimpulkan model pembelajaran problem based learning menggunakan
media audio visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan literasi
sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia.