Abstract:
Adhitya Graha Eka P. NIM. 3402170204. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Unique Selling Proposition terhadap Purchase Intention (Suatu Studi pada
Kedai Kopi Biji Ciamis). Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Nurdiana
Mulyatini,S.E., M.M. (Pembmbing I) dan Bapak H. Iwan Setiawan, S.E.,
M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya Purchase Intention pada
Kedai Kopi Biji Ciamis yang diakibatkan oleh belum optimalnya kualitas
pelayanan dan unique selling proposition yang dilakukan oleh pihak perusahaan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh
kualitas pelayanan terhadap purchase intention pada Kedai Kopi Biji Ciamis?; 2)
Bagaimana pengaruh unique selling proposition terhadap purchase intention pada
Kedai Kopi Biji Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan unique
selling proposition terhadap purchase intention pada Kedai Kopi Biji Ciamis?.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1)Pengaruh
kualitas pelayanan terhadap purchase intention pada Kedai Kopi Biji Ciamis; 2)
Pengaruh unique selling proposition terhadap purchase intention pada Kedai Kopi
Biji Ciamis; 3) Pengaruh kualitas pelayanan dan unique selling proposition
terhadap purchase intention pada Kedai Kopi Biji Ciamis. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan
pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang
membeli produk pada Kedai kopi Biji Ciamis pada bulan Desember 2021 – April
2022 yaitu sebanyak 1.367 orang, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
sebanyak 94 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui
beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.
Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat
pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap purchase intention
pada Kopi Biji Ciamis. Artinya jika kualitas pelayanan semakin baik maka
purchase intention akan meningkat; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan
unique selling proposition terhadap purchase intention pada Kopi Biji Ciamis.
Artinya jika unique selling proposition semakin baik maka purchase intention
akan meningkat; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan
dan unique selling proposition terhadap purchase intention pada Kopi Biji
Ciamis. Artinya jika kualitas pelayanan dan unique selling proposition semakin
baik maka purchase intention akan meningkat.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Unique Selling Proposition terhadap
Purchase Intention