Abstract:
ABSTRAK
Eka Riani Saputri, NIM. 3402200106. “Pengaruh Kredibilitas Selebriti dan Ekuitas Merek terhadap Minat Beli Smartphone Oppo (Studi kasus pada Mahasiswa Angkatan 2020/2021 – 2023/2024 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis)”. Di Bawah Bimbingan Dr. H. Yusup Iskandar. SE., MM. sebagai (Pembimbing I) dan Wiwin Setianingsih, S. E., MM. sebagai (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Kredibilitas Selebriti dan Ekuitas Merek terhadap Minat Beli Smartphone Oppo (Studi Kasus pada Mahasiswa Angkatan 2020/2021 – 2023/2024 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana pengaruh kredibilitas selebriti terhadap minat beli konsumen pada smartphone oppo ? 2) Bagaimana pengaruh ekuitas merek terhadap minat beli konsumen pada smartphone oppo? 3) Bagaimana pengaruh kredibilitas selebriti dan ekuitas merek terhadap minat beli konsumen pada smartphone oppo?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untu mengetahui : 1) Besarnya pengaruh kredibilitas selebriti terhadap minat beli konsumen terhadap smartphone oppo 2) Besarnya pengaruh ekuitas merek terhadap minat beli konsumen pada smartphone oppo 3) Besarnya pengaruh kredibilitas selebriti dan ekuitas merek terhadap minat beli konsumen pada smartphone oppo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, Hipotesis (Uji t), Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Hipotesis (Uji F). Hasil dari penelitian dan dan pengelolahan data menunjukkan bahwa: 1.) Kredibilitas selebriti bertengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli smartphone Oppo. 2) Ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli smartphone Oppo. 3.) Kredibilitas selebriti dan ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli smartphone Oppo.
Kata Kunci: Kredibilitas Selebriti, Ekuitas Merek, dan Minat Beli.