Unigal Repository

Pembelajaran Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Teks Puisi Menggunakan Model Windows Shopping di Kelas VIII SMP Islam Jayaratu

Show simple item record

dc.contributor.author Kamilah, Ai
dc.date.accessioned 2024-08-10T08:08:35Z
dc.date.available 2024-08-10T08:08:35Z
dc.date.issued 2024-07-27
dc.identifier.other Ai
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4696
dc.description.abstract AI KAMILAH. 2024. Pembelajaran Menganalisis Unsur-Unsur Pembangun Teks Puisi Menggunakan Model Windows Shopping di Kelas VIII SMP Islam Jayaratu. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh. Januari 2024. Berdasarkan hasil observasi, diketahui siswa kelas VIII di SMP Islam Jayaratu memiliki keterampilan menganalisis unsur pembangun teks puisi yang rendah. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran dimana siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru yang disebabkan oleh model yang tidak menarik, dan bahkan tidak menimbulkan keaktifan dan menarik perhatian seluruh siswa, sehingga siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dan hasil belajar yang didapat belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perubahan pada kemampuasn siswa dalam menganalisis unsur pembangun teks puisi dengan menggunakan model pembelajaran windows shopping. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen, dengan pendekatan Nonequivalent Posttest-Only Control Group Designs, dimana pada penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, teknik pengumpulan data melalui tes. Populasi diambil dari keseluruhan siswa SMP Islam Jayaratu, dengan sampel yang diambil dari kelas VIII A dan B sebanyak 30 orang. Uji validitas data divalidkan oleh para ahli, sedangkan uji reliabilitas data menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan rumus Liliefors. Hasil penelitian ini terdapat perubahan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menganalisis unsur pembangun teks puisi. Hasil tersebut berdasarkan hasil perhitungan “uji-t” yaitu T_hitung (8.67) >T_tabel (2,1448) yang berarti terdapat penerimaan pada (ha) dan penolakan (ho). Dari hasil posttest yang diperoleh kelas VIII A (eksperimen) dengan nilai rata-rata 80, 53 dan hasil posttest yang diperoleh kelas VIII B (kontrol) dengan nilai rata-rata 69,86 ini menunjukkan bahwa skor kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perubahan yang signifikan dalam pembelajaran menganalisis unsur unsur pembangun teks Puisi menggunakan Model Pembelajaran Widows Shopping di Kelas VIII SMP Islam Jayaratu. en_US
dc.description.sponsorship Hidayat Taufik, Agustini Rina. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Unsur Pembangun Puisi en_US
dc.subject Model Windows Shopping en_US
dc.title Pembelajaran Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Teks Puisi Menggunakan Model Windows Shopping di Kelas VIII SMP Islam Jayaratu en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account