Unigal Repository

KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL HELLO KARYA TERE LIYE (Pengembangan Bahan Ajar Menganalisis Isi dan Kebahasaan Pada Novel)

Show simple item record

dc.contributor.author Nuraini, Gita
dc.date.accessioned 2024-08-10T06:15:50Z
dc.date.available 2024-08-10T06:15:50Z
dc.date.issued 2024-07-27
dc.identifier.other Gita
dc.identifier.other Gita
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4693
dc.description.abstract Penelitian berjudul Kritik sosial dalam novel Hello karya Tere Liye (Pengembangan Bahan Ajar Menganalisis Isi dan Kebahasaan Pada Novel). Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu karena dengan adanya permasalahan yang dialami seorang tokoh cerita terkait dengan isu-isu berupa masalah sosial dimasyarakat dengan cerita yang menarik. Dari kemenarikkan tersebut seorang pembaca dapat memperoleh kritik terhadap nilai sosial yang dapat diambil dan berdasarkan analisis buku paket bahasa Indonesia kelas XII edisi revisi 2018 ini terdapat pembelajaran berkenaan dengan teks Novel, KD. 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Namun, pada buku tersebut yang digunakan masih kurang menarik dan minat siswa terhadap bahan ajar yang masih kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kritik sosial dalam novel Hello karya Tere Liye guna dijadikan sebagai alternatif bentuk pengembangan bahan ajar khususnya dalam menganalisis isi dan kebahasaan novel yang berdimensi kritik sastra. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah novel dan yang menjadi data dari penelitian ini yaitu berupa kata-kata, kutipan-kutipan atau kalimat deskripsi pada sebuah novel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, teknik studi pustaka, teknik analisis, dan teknik dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam kritik sosial yang berjumlah 24 data yang ditemukan dalam novel Hello karya Tere Liye yang meliputi: 1). Aspek kritik sosial masalah ekonomi berjumlah 2 data berupa kutipan deskripsi; 2). kritik sosial masalah pendidikan berjumlah 4 data berupa kutipan deskripsi; 3). kritik sosial masalah moral berjumlah 7 data berupa kutipan deskripsi; 4).kritik sosial masalah disorganisasi keluarga berjumlah 5 data berupa kutipan deskripsi; 5). kritik sosial masalah hukum berjumlah 3 data berupa kutipan deskripsi dan 6). kritik sosial masalah gender berjumlah 3 data berupa kutipan deskripsi. Kemudian, hasil analisis dan pembahasan membuktikan bahwa kritik sosial dalam novel Hello karya Tere Liye tersebut dapat dijadikan sebagai bentuk model bahan ajar, karena dapat menjadi acuan untuk mempelajari jenis-jenis kritik sosial yang bisa dikaitkan dengan Kd. 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan pada teks novel dikelas XII jenjang SMA/MA yang lebih lengkap dan berkembang sesuai dengan prinsip-prinsip pemilihan bahan ajar yang meliputi: Prinsip relevansi, prinsip konsistensi dan prinsip kecukupan. en_US
dc.description.sponsorship Hendaryan, Rukaesih Dedeh en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Pendidikan Bahasa Indonesia /FKIP en_US
dc.subject kritik sosial en_US
dc.subject Novel Hello en_US
dc.subject Bahan Ajar en_US
dc.title KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL HELLO KARYA TERE LIYE (Pengembangan Bahan Ajar Menganalisis Isi dan Kebahasaan Pada Novel) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account