Abstract:
ABSTRAK
HENDRA HILMI PRATAMA. 2024. Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap E-Loyalty Konsumen Shopee (Suatu Studi di Wilayah Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis). Di bawah Bimbingan Bapak Dr. H. Oyon Saryono, M.M. (Pembimbing I) dan Bapak Mukhtar Abdul Kader, S.E.,M.M.
(Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap e-loyalty pada konsumen Marketplace Shopee di Kecamatan Ciamis. Permasalahan yang dihadapi meliputi: Bagaimana pengaruh e-service quality terhadap e-loyalty konsumen marketplace shopee di Kecamatan Baregbeg. Bagaimana pengaruh e-trust terhadap e-loyalty konsumen marketplace shopee di Kecamatan Baregbeg. Bagaimana pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap e-loyalty konsumen marketplace shopee di Kecamatan Baregbeg. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan pengujian hipotesis meliputi analisis koefisien korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, uji t, analisis koefisien korelasi berganda, uji signifikan (uji F), dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-service quality berpengaruh dan signifikan terhadap e-loyalty. E-trust berpengaruh dan signifikan terhadap e-loyalty. e-service quality dan e-trust berpengaruh dan signifikan terhadap e-loyalty konsumen Marketplace Shopee, sehingga hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. Maka ketika e-service quality dan e-trust meningkat maka akan meningkatkan e-loyalty konsumen Marketplace Shopee. Diharapkan Marketplace Shopee mengoptimalkan menyediakan informasi yang lengkap dan akurat tentang produk-produk yang ditawarkan, memberikan informasi produk yang mudah diakses konsumen, menyediakan berbagai program yang saling menguntungkan dan mengajak dan meminta konsumen untuk selalu berbelanja produk-produk kebutuhan secara online melalui marketplace Shopee.