Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada mengetahui dan mendapatkan informasi tentang Kepuasan Pelanggan produk saluran distribusi yang di terapkan oleh PT. Ultrajaya Milk di Cab. Tasikmalaya. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: Bagaimanakah saluran distribusi yang di terapkan oleh PT. Ultrajaya Milk di Cab. Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Sedangkan analisis data yang diperoleh digunakan analisis deskriptif, analisis. Hasil penelitian ini adalah bahwa saluran distribusi yang di terapkan oleh PT. Ultrajaya Milk di Cab. Tasikmalaya, dilaksanakan dlam 3 tipe distribusi yaitu saluran distribusi insentif, saluran distribusi selektif dan saluran distribusi eksklusif. Saluran Distribusi Insentif, dilaksanakandengan menyebar seluas mungkin, sehingga dapat secara intensif menjangkau semua lokasi dimana calon konsumen itu berada. Maka dalam distribusi ini harus dipergunakan banyak sekali penyalur yang besar atau kecil sehingga dapat menyebarkan barang – barang tersebut ke konsumen. Saluran Distribusi Selektif, dimana cara distribusi di mana barang – barang hanya disalurkan oleh beberapa penyalur saja yang terpilih atau selektif. Jadi penyalur sangat terbatas. Untuk membatasi penyalur tersebut biasanya diadakan seleksi oleh perusahaan yang memasarkan barang tersebut. dan Saluran Distribusi Eksklusif, dimana bentuk penyaluran yang hanya menggunakan penyalur yang sangat terbatas jumlahnya, untuk satu daerah tertentu.