dc.contributor.author |
Nurcahyani Putri, Helmalisa |
|
dc.date.accessioned |
2024-08-05T01:57:56Z |
|
dc.date.available |
2024-08-05T01:57:56Z |
|
dc.date.issued |
2024-08-04 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4640 |
|
dc.description.abstract |
Helmalisa Nurcahyani Putri (2107200009). Pengaruh Metode Pembelajaran Resitasi Berbantu Jobsheet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Lembaga di SMA Negeri 1 Banjar. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan ibu Rita Patonah, S.Pd.,M.Pd. selaku pembimbing 1 dan Ibu Ilah, S.Pd.,M.Pd. selaku pembimbing 2.
Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Banjar merupkan permasalahan yang harus segera diatasi. Rendahnya hasil belajar dilatar belakangi oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang belum optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran resitasi berbantu jobsheet. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode resitasi berbantu jobsheet pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode resitasi berbantu jobsheet dengan yang menggunakan metode ceramah pada saat pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain nonequevalent control grup design. Analisis data menggunakan Uji t. Penelitian ini menghasilkan simpulan : 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran resitasi berbantu jobsheet pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dikelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dikelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran resitasi berbantu jobsheet dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada penguuran akhir (posttest). |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Patonah, Rita.
Ilah |
en_US |
dc.subject |
metode resitasi, jobsheet, hasil belajar. |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Metode Resitasi Berbantu Jobsheet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik |
en_US |
dc.title.alternative |
Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Lembaga di Kelas XI AK SMKN 1Banjar |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |