Abstract:
Dini Indiarti (2107200048). “Analisis Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Scramble Dengan Yang Menggunakan Metode Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Quasi Ekperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Perdagangan Internasional di SMAN 1 Kawali)”. Penulisan Skripsi ini dibawah bimbingan Bapak Dr. Rizka Andhika Putra, S.Pd., M.M selaku pembimbing I dan Ibu Rita Patonah S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kawali merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang belum optimal. Menyikapi permasalahan tersebut penulis menerapkan metode pembelajaran scramble di kelas eksperimen dan metode konvensional di kelas control. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran scramble pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas control; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran scramble dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen desain dengan desain Nonequivalent Control Group Design.
Hasil penelitian menunjukkan; 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran scramble pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran scramble dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).