Abstract:
Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka penulis berasumsi bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berbantu media kahoot akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berbantu media kahoot pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. 2)Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berbantu media kahoot di kelas eksperimen dengan menggunakan metode ceramah di kelas kontrol pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berbantu media kahoot pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berbantu media kahoot dengan yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran akhir (posttest).