Abstract:
Muhammad Musaffa Arroppi, Nim. 3402190165. Pengaruh Relationship
Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Suatu
Studi Pada konsumen Bloods Store Banjar). Di bawah bimbingan Dr. Nana
Darna, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Enjang Nursolih, S.H.M.M.
(Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Relationship Marketing Terhadap
Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi Pada konsumen
Bloods Store Banjar). Permasalahan yang dihadapi dalam dalam penelitian ini
meliputi: Bagaimana pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan
pelanggan pada Bloods Store Banjar; Bagaimana pengaruh relationship marketing
terhadap loyalitas pelanggan pada pada Bloods Store Banjar; Bagaimana pengaruh
relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan pada
Bloods Store Banjar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis ; Pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan
pada Bloods Store Banjar; Pengaruh relationship marketing terhadap terhadap
loyalitas pelanggan pada pada Bloods Store Banjar; Pengaruh tagline dan brand
image terhadap brand awareness Konsumen HP Pengaruh relationship marketing
terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan pada Bloods Store Banjar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dan metode verifikatif. Sedangkan penggunaan analisis data yang
digunakan adalah analisisi koefisien korelasi, determinasi, regresi dan uji t dan uji
F. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa ; Relationship
pada kepuasan pelanggan sudah sangat baik di Bloods Store Banjar, hal tersebut
bisa dilihat dari hasil uji hipotesisi yang menunjukan hasil bahwa Relationship
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan konsumen
Bloods Store Banjar; Relationship pada loyalitas pelanggan sudah sangat baik di
Bloods Store Banjar, hal tersebut bisa dilihat dari hasil uji hipotesisi yang
menunjukan hasil bahwa relationship berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan pada konsumen Bloods Store Banjar. Relationship
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas
pelanggan pada konsumen Bloods Store Banjar
Diharapkan Bloods Store Banjar meningkatkan Relationship sehingga akan lebih
meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Relationship ,kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan