dc.description.abstract |
ABSTRAK
Kualitas pelayanan kesehatan merupakan pelayanan kesehatan yang memiliki
derajat kesempurnaan yang merujuk standar profesi dan standar pelavanan sumber
daya yang tersedia di tempat pelayanan secara efesien, dan efektif. Kepuasan pasien
merupakan penilaian baik atau buruknya kualitas pelayanan kesehatan. Salah satu
indikator untuk mengukur kualitas pelayanan kesehatan adalah dengan menilai tingkat
kepuasan pasien yang berkunjung ke institusi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan kualitas pelayanan rawat jalan dengan kepuasan pasien BPJS
mandiri dan pasien umum di Puskesmas Sidareja. Metode penelitian yaitu metode
kuantitatif dengan desain rancangan cross sectional menggunakan data primer dan
data sekunder yang dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan dari Bulan September November 2023. Metode pengambilan sampel menggunakan metode simple random
sampling dengan jumlah sampel 66 pasien yang terdiri dari 33 pasien BPJS mandiri
dan 33 pasien pasien umum. Pasien BPJS mandiri yang puas sebanyak 30 orang
(45,45%) dan tidak puas sebanyak 3 orang (4,55%). Pasien umum yang puas sebanyak
25 orang (37,885) dan tidak puas sebanyak 8 orang (12,12%). Kualitas pelayanan
rawat jalan pasien BPJS mandiri yang baik sebanyak 29 orang (43,94%) dan kurang
baik sebanyak 4 orang (6,06%). Pasien umum yang baik sebanyak 27 orang (40,91%)
dan kurang baik sebanyak 6 orang (9,09%). Hasil menunjukan terdapat hubungan
kualitas pelayanan rawat jalan dengan kepuasan pasien BPJS mandiri dan pasien
umum di Puskesmas Sidareja (p=0,000).
Kata kunci : kepuasan pasien, kualitas pelayanan, pasien BPJS mandiri, pasien umum |
en_US |