dc.description.abstract |
Angkutan kota trayek Terminal Guntur – Sukaregang dan trayek Terminal Guntur –
Sukadana sering menunggu penumpang diluar dan di dalam terminal dalam jangka waktu
yang relatif lama, hal tersebut mengakibatkan waku pelayanan dan waktu tunggu
penumpang yang kurang optimal akibatnya banyak calon penumpang yang menunggu di
pinggir jalan dan tidak masuk ke dalam terminal sehingga kinerja angkutan kota tersebut
perlu dianalisis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja operasional angkutan
kota trayek Terrminal Guntur – Sukaregang dan trayek Terminal Guntur – Sukadana dan
mengetahui jumlah pergerakan dan faktor muatan penumpang (load factor) angkutan kota
trayek Terminal Guntur – Sukaregang dan trayek Terminal Guntur – Sukadana.
Penelitian ini menggunakan metode survey yaitu dengan melakukan pengamatan
langsung ke lapangan untuk mendapatkan data sebagai bahan acuan untuk melakukan
analisis penelitian.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kinerja angkutan kota trayek Terminal
Guntur – Sukaregang kecepatan rata – rata 20,2 Km/jam waktu perjalanan angkutan 36
menit dan rata – rata waktu pelayanan 1,62 menit. Sehingga waktu tempuh angkutan kota
Terminal Guntur – Sukaregang adalah 37,62 menit.
Kecepatan rata – rata angkutan kota Garut Terminal Guntur – Sukadana 20,2 Km/jam
waktu perjalanan angkutan 35 menit dan rata – rata waktu pelayanan 1,62 menit.
Sehingga waktu tempuh angkutan kota Terminal Guntur – Sukadana adalah 36,62 menit.
Headway angkutan kota Terminal Guntur – Sukaregang dengan perhitungan masing –
masing 1 jam pagi siang sore mendapat rata rata headway senin 7,6 menit, headway
selasa 9 menit, headway sabtu 8 menit, dan headway minggu 8,6 menit.
Headway angkutan kota terminal Guntur – Sukadana dengan perhitungan masing –
masing 1 jam pagi siang sore mendapat rata rata headway senin 9 menit, headway selasa
9,3 menit, headway sabtu 8,3, dan headway minggu 8,6 menit.
Waktu muat angkutan kota Terminal Guntur – Sukaregang dengan perhitungan masing -
masing 1 jam pagi siang sore mendapat nilai rata rata waktu muat senin 10,3 menit, waktu
muat selasa 12 menit, waktu muat sabtu 10 menit, dan waktu muat minggu 10,3.
Waktu muat Terminal Guntur – sukadana dengan perhitungan masing – masing 1 jam
pagi siang sore mendapat nilai rata rata waktu muat senin 10,3 menit, waktu muat selasa
10,6 menit, waktu muat sabtu 10,6, dan waktu muat minggu 10 menit.
Jumlah pergerakan angkutan kota Terminal Guntur – Sukaregang 280 Pergerakan, jumlah
pergerakan atau pengguna angkutan Kota Terminal Guntur – Sukadana 240 Pergerakan.
Load factor kurang dari nilai standar rata- rata peraturan pemerintah yaitu 70% nilai load
factor Terminal Guntur – Sukaregang yaitu 517,99/12 = 43,16 % < 70%, Terminal
Guntur – Sukadana 516,30/12 = 43,02 % < 70. Optimalisasi jumlah angkutan kota Garut
– Sukaregang adalah 33 angkutan, dengan jumlah angkutan yang ada 80 angkutan, dan
angkutan yang beroperasi 40 angkutan sehingga kelebihan 7 angkutan. Optimalisasi
jumlah angkutan kota Terminal Guntur – Sukadana adalah 29 Angkutan, dengan
angkutan yang ada hanya 80 angkutan, dan angkutan yang beroperasi 40 angkutan
sehingga kelebihan 11 angkutan.
Kata Kunci: Trayek Terminal, Kinerja Operasional, Angkutan Kota. |
en_US |