Abstract:
Industri kosmetik saat ini terus menunjukkan perkembangan yang dipengaruhi oleh
adanya peluang dan peningkatan permintaan produk kosmetik. Tingginya permintaan
produk kosmetik di Tasikmalaya akan menjadi dasar pendorong strategi para pelaku
usaha untuk dapat terus memenuhi permintaan pasar. Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh service quality dan store atmosphere terhadap
loyalitas pelanggan pada pelanggan Toko Muara Cosmetics Tasikmalaya. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan
penelitian kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan
Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda,
Analisis Koefisien Determinasi, dan Analisis Signifikasi (Uji t dan Uji F). Terdapat
pengaruh antara service quality dan store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan
pada pelanggan Muara Cosmetics Tasikmalaya, service quality dan store atmosphere
menciptakan kesan positif dalam benak pelanggan dan mampu mempertahankan
pelanggan untuk tidak memilih perusahaan lain. Penerapan service quality dan store
atmosphere terhadap loyalitas pelanggan pada pelanggan Muara Cosmetics
Tasikmalaya dapat dikatakan sudah baik, namun sebaiknya perusahaan dapat
menyediakan kotak suara atau melakukan survey secara berkala kepada pelanggan
yang bertujuan untuk dapat mengetahui feedback dari para pelanggan mengenai
layanan yang sudah diberikan, hal tersebut bertujuan agar perusahaan dapat
mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.