Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh hadiah terhadap impulse buying; (2) Pengaruh bonus pack terhadap impulse buying; dan (3) Pengaruh hadiah dan bonus pack terhadap impulse buying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan mengunakan survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian dalam hal ini konsumen dari Griya Toserba Ciawi dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Alat pengujian data yang digunakan adalah software SPSS versi 25.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hadiah berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Hal ini ditujukkan dari nilai thitung yaitu sebesar 1,992 dimana nilai tersebut lebih besar dari ttabel yaitu 1,98472 atau nilai signifikansi sebesar 0,049 < 0,05 dengan nilai korelasi sebesar 0,211 yang termasuk kategori hubungan yang lemah dengan nilai determinasi sebesar 4,4%; (2) Bonus pack berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung yaitu sebesar 5,090 dimana nilai tersebut lebih besar dari ttabel yaitu 1,98472 atau nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai korelasi sebesar 0,464 yang termasuk kategori hubungan yang cukup kuat dengan nilai determinasi sebesar 21,5%; dan (3) Hadiah dan bonus pack berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Hal ini ditunjukkan dari nilai Fhitung yaitu sebesar 15,806 dimana nilai tersebut lebih besar dari Ftabel yaitu 3,09 atau nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai korelasi sebesar 0,496 yang termasuk kategori hubungan yang cukup kuat dengan nilai determinasi sebesar 24,6%.