dc.description.abstract |
Kepuasan mahasiswa berawal dari pemahaman tentang apa yang diinginkan oleh
mahasiswa. Salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa adalah
pelayanan yang baik, mulai dari registrasi, perkuliahan, sampai mahasiswa
menyelesaikan kuliah. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan perencanaan
yang matang, sarana prasarana yang memadai, dan sumber daya manusia yang
mendukung. Kepuasan mahasiswa merupakan elemen yang sangat penting dalam
dunia jasa khususnya dunia pendidikan karena akan berdampak pada pencitraan
dari perguruan tinggi tersebut. Maka rumusan masalahnya adalah bagaimana
pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Pertanian
Universitas Galuh; bagaimana pengaruh Sarana Prasarana terhadap Kepuasan
Mahasiswa di Fakultas Pertanian Universitas Galuh; bagaimana pengaruh Mutu
Pelayanan dan Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas
Pertanian Universitas Galuh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh mutu pelayanan dan sarana prasarana terhadap kepuasan
mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Galuh. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan metode kuantitatif.
Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien
Korelasi Berganda, Analisis Koefisen Determinasi, Analisis regresi Linier
Berganda, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji F. Dengan analisis koefisien
korelasi berganda diperoleh angka sebesar 0,89 dimana berdasarkan pedoman
interprestasi koefisien korelasi termasuk ke dalam kategori sangat kuat dan
mempunyai arah yang positif antara Mutu Pelayanan dan Sarana Prasarana
terhadap Kepuasan Mahasiswa. Untuk analisis koefisien determinasi sebesar
79,21% dan sisanya 20,79% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Berdasarkan uji statistic regresi linier berganda memperoleh hasil Y = -9,26 +
0,23X 1 + 0,45X 2 . dan yang terakhir berdasarkan uji F F hitung diperoleh 195 dan F tabel
diperoleh 3,11 dimana hal tersebut menunjukkan bahwa F hitung > dari F tabel (195 >
3,11) maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh secara simultan pada
Mutu Pelayanan dan Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Mahasiswa.
Diharapkan Fakultas Pertanian Universitas Galuh mempertahankan dan
memperhatikan mutu pelayanan dan sarana prasarana pada mahasiswa sehingga
akan meningkatkan kepuasan mahasiswa |
en_US |