Unigal Repository

PERANCANGAN ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI PARIWISATA MENGGUNAKAN FRAMEWORK SCRUM (Studi Kasus: Dinas Parawisata Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Mulyana, Dadan
dc.date.accessioned 2024-06-25T03:26:03Z
dc.date.available 2024-06-25T03:26:03Z
dc.date.issued 2021-08-10
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4332
dc.description.abstract Sistem informasi merupakan hal yang paling dibutuhkan saat ini, baik untuk organisasi ataupun instansi lainnya. Perkembangannnya yang sangat pesat memaksa kita untuk terus berkembang dan lebih flexible menghadapi perubahan dalam pengembangan sistem informasi. Agile Scrum adalah salah satu metode yang berkonsep incremental dan iterative yang berfokus pada pengerjaan software dan komunikasi dengan klien sehingga metode Scrum sangat baik untuk digunakan dalam pengembangan sistem informasi saat ini. Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis adalah salah satu dinas yang bergerak mengelola informasi mengenai pariwisata yang berada di Kabupaten Ciamis. Saat ini Kabupaten Ciamis menjadi salah satu kabupaten yang memiliki berbagai macam destinasi wisata di setiap daerahnya. Untuk lebih meningkatkan lagi potensi yan dimiliki oleh Kabupaten Ciamis dalam menyebarkan informasi wisata maka perlu adanya sistem yang dapat menunjang hal tersebut. Oleh karna itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancangan sistem informasi pariwisata menggunakan metode Agile Scrum. Pemilihan metode tersebut dikarenakan metode Scrum dianggap metode yang paling cocok untuk menyelesaikan kasus ini dengan lebih cepat. Dalam perancangan sistem informasi pariwisata menggunakan Agile Scrum dihasilkan tiga product backlog yang di implementasikan kedalam sprint planning kemudian dilakukan tahap deployment model. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah model rancangan sistem informasi pariwisata, sesuai dengan product backlog maka terdapat tiga modul yang dihasilkan. Modul pertama adalah content management system, modul kedua aplikasi pariwisata berbasis mobile dan yang ketiga adalah managemen data Dinas Pariwisata. Model tersebut telah berhasil dibuat dengan sangat baik. en_US
dc.publisher DADAN MULYANA en_US
dc.subject Agile Development en_US
dc.subject Scrum en_US
dc.subject Pariwisata en_US
dc.title PERANCANGAN ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI PARIWISATA MENGGUNAKAN FRAMEWORK SCRUM (Studi Kasus: Dinas Parawisata Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account