Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keunggulan bersaing
perusahaan pada Dealer Honda Subur Jaya Motor Ciawi yang dapat dilihat dari
penetapan harga produk yang dipasarkan perusahaan belum sepenuhnya
optimal. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan
inovasi produk dan strategi pemasaran. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu: Bagaimana pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan
bersaing pada Dealer Honda Subur Jaya Motor Ciawi?; Bagaimana pengaruh
strategi pemasaran terhadap keunggulan bersaing pada Dealer Honda Subur Jaya
Motor Ciawi?; Bagaimana pengaruh inovasi produk dan strategi pemasaran
terhadap keunggulan bersaing pada Dealer Honda Subur Jaya Motor Ciawi?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey
dengan pendekatan data kuantitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data
dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan.
Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata jumlah konsumen Dealer Honda
Subur Jaya Motor Ciawi, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 78
orang. Teknik analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana
dan berganda, koefisien determinasi, Analisis Regresi Linear Sederhana dan
Berganda, dan Penggujian Hipotesis (Uji t,Uji F). Dari hasil penelitian, dapat
ditarik suatu simpulan sebagai berikut: Inovasi produk Honda pada Dealer Subur
Jaya Motor Ciawi adalah sudah baik dan ini berpengaruh signifikan terhadap
terhadap keunggulan bersaing. Artinya jika pelaksanaan inovasi produk sudah
baik maka keunggulan bersaing perusahaan akan meningkat; Strategi pemasaran
pada Dealer Subur Jaya Motor Ciawi adalah sudah baik dan ini berpengaruh
signifikan terhadap terhadap keunggulan bersaing. Artinya jika pelaksanaan
strategi pemasaran sudah baik maka keunggulan bersaing perusahaan akan
meningkat; Keunggulan bersaing pada Dealer Subur Jaya Motor Ciawi adalah
tinggi. Inovasi produk dan strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap
keunggulan bersaing. Artinya jika inovasi produk dan strategi pemasaran sudah
baik maka keunggulan bersaing perusahaan akan meningkat.