Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh soft skill dan perencanaan karir terhadap
kinerja guru (suatu studi pada Guru SMP Negeri 2 Cikoneng). Permasalahan yang
dihadap dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana pengaruh Soft Skill terhadap
Kinerja Guru. (2) Bagaimana pengaruh Perencanaan Karir terhadap Kinerja Guru.
(3) Bagaimana pengaruh Softskill dan Perencanaan Karir terhadap Kinerja Guru
SMPN 2 Cikoneng. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh Soft
Skill terhadap Kinerja Guru di SMPN 2 Cikoneng. (2) Pengaruh Perencanaan
Karir terhadap Kinerja Guru di SMPN 2 Cikoneng. (3) Pengaruh Softskill dan
Perencanaan Karir terhadap Kinerja Guru di SMPN 2 Cikoneng. Metode yang
digunakan pada penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif.
Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien
Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi
Sederhana, Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, Uji
Parsial (Uji t) dan Uji Signifikansi (Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan
data menunjukkan bahwa soft skill dan perencanaan karir berpengaruh positif dan
simultan (bersama-sama) terhadap kinerja guru dengan besarnya pengaruh
47,15% dan sisanya 52,85% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari perhitungan
analisis koefisien kolerasi berganda memiliki tingkat hubungan yang kuat, artinya
semakin baik soft skill dan perecanaan karir, maka semakin tinggi pula kinerja
guru di SMN 2 Cikoneng. Bagi penelitian selanjutnya dapat ditambahkan
variabel lain yang mempengaruhi kinerja guru karena 52,85% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diteliti.