Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya loyalitas pelanggan Donat
Madu Cabang Banjar yang diakibatkan oleh belum optimalnya kepercayaan
konsumen dan kualitas pelayanan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini
yaitu: 1) Bagaimana pengaruh kepercayaan konsumen terhadap loyalitas
pelanggan pada Donat Madu Cabang Banjar?; 2) Bagaimana pengaruh kualitas
pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Pada Donat Madu Cabang Banjar?; 3)
Bagaimana pengaruh kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan terhadap
loyalitas pelanggan pada Donat Madu Cabang Banjar?. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh
kepercayaan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada Donat Madu Cabang
Banjar; 2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Donat
Madu Cabang Banjar; 3) Pengaruh kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan
terhadap loyalitas pelanggan pada Donat Madu Cabang Banjar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
pendekatan kuantitatif. Jumlah Populasi dalam penelitian adalah pelanggan Donat
Madu Cabang Banjar periode bulan Januari sampai dengan bulan Juli tahun 2023
yang berjumlah 1.212 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah jumlah sampel
dalam penelitian ini adalah sebanyak 93 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan
data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan
dan penyebaran angket.
Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1)
Kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Donat
Madu Cabang Banjar, dengan demikian hipotesis diterima dan teruji
kebenarannya artinya semakin tinggi kepercayaan konsumen maka keloyalitas
pelanggan akan meningkat; 2) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas
pelanggan pada Donat Madu Cabang Banjar, dengan demikian hipotesis diterima
dan teruji kebenarannya artinya semakin tinggi kualitas pelayanan maka
keloyalitas pelanggan akan meningkat; 3) Kepercayaan konsumen dan kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Donat Madu Cabang
Banjar, dengan demikian hipotesis diterima dan teruji kebenarannya artinya
semakin tinggi kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan maka keloyalitas
pelanggan akan meningkat.