Abstract:
Perkembangan teknologi membawa dampak dalam kegiatan jual beli yaitu yang
sebelumnya dilakukan secara offline sekarang dapat dilakukan secara online.
Salah satu e-commerce yang sering digunakan adalah shopee dengan kategori
produk yang paling banyak diminati yaitu produk fashion. Ketika melakukan
pembelian produk fashion secara online, konsumen tidak bisa melihat dan
merasakan secara langsung bagaimana kondisi produknya. Sebelum melakukan
pembelian produk fashion secara online, konsumen akan mencari informasi-
informasi yang berkaitan dengan produk maupun toko online, salah satunya dari
review produk dan rekomendasi dari orang lain yaitu dengan melihat konten
affiliate marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis; Pengaruh review produk terhadap minat beli produk; Pengaruh
affiliate marketing terhadap minat beli produk; Pengaruh review produk dan
affiliate marketing terhadap minat beli produk. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini yaitu konsumen fashion di e-commerce shopee di Kecamatan
Cipaku. Teknik sampling berupa purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak
96 orang. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis regresi
linier sederhana dan berganda, koefisien korelasi sederhana dan berganda,
koefisien determinasi, uji hipotesis (uji t) dan juga uji f. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa review produk berpengaruh terhadap minat beli, affiliate
marketing berpengaruh terhadap minat beli, review produk dan affiliate marketing
secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli.