Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Desain Produk dan Kualitas Produk
terhdap Minat Beli (Studi Kasus Pada Konsumen UMKM Kerudung Vilora di
Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana
pengaruh desain produk terhadap Minat Beli pada UMKM Kerudung Vilora? ; 2].
Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap Minat Beli pada UMKM Kerudung
Vilora? ; 3]. Bagaimana pengaruh desain produk dan kualitas produk terhadap
Minat Beli pada UMKM Kerudung Vilora?. Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Pengaruh desain produk terhadap Minat
Beli pada UMKM Kerudung Vilora? ; 2]. Pengaruh kualitas produk terhadap
Minat Beli pada UMKM Kerudung Vilora? ; 3]. Pengaruh desain produk dan
kualitas produk terhadap Minat Beli pada UMKM Kerudung Vilora?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Data diperoleh menggunakan kuisioner dan analisis data
yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan verifikatif.
Analisis Verifikatif yang digunakan terdiri dari Analisis Regresi Linier Sederhana,
Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Koefisien Korelasi sederhana, Analisis
Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Koefisien Determinasi (R²), Uji t (secara
parsial) dan Uji f (secara simultan).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa: 1]. Desain produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan besarnya pengaruh
sebesar 42,8% dan sisanya 57,2% dipengaruhi oleh faktor lain; 2] Kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan besarnya pengaruh
sebesar 49,2% dan sisanya 50,8% dipengaruhi oleh faktor lain; 3] Desain produk
dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan
besarnya pengaruh sebesar 59,3% dan sisanya 40,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Diharapkan UMKM Kerudung Vilora untuk meningkatkan dan mengevaluasi
desain produk dan kualitas produk sehingga dapat meningkatkan minat beli
konsumen.