Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Kapitalisasi Pasar Terhadap Nilai
Perusahaan (Suatu Studi pada PT. Unilever Indonesia, Tbk).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana
kapitalisasi pasar PT. Unilever Indonesia, Tbk periode tahun 2018-2022?; 2].
Bagaimana nilai perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode tahun 2018-
2022?; 3].Bagaimana pengaruh kapitalisasi pasar terhadap nilai perusahaan PT.
Unilever Indonesia, Tbk periode tahun 2018-2022? Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Kapitalisasi pasar PT. Unilever
Indonesia, Tbk periode tahun 2018-2022; 2]. Nilai perusahaan PT. Unilever
Indonesia, Tbk periode tahun 2018-2022; 3]. Pengaruh kapitalisasi pasar terhadap
nilai perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode tahun 2018-2022.
Metode yang digunakan digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan
analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi, analisis determinasi,
uji t, dan uji f (kecocokan model).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa kapitalisasi pasar
berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada PT. Unilever
Indonesia, Tbk dengan besarnya pengaruh 9,97% dan sisanya 1,3% dipengaruhi
oleh faktor lain.
Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan oleh manajemen perusahaan
sebagai suatu bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk
meningkatkan nilai perusahaan.