Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Earning Growth dan Firm Size terhadap
Price Earning Ratio (Suatu Studi Pada perusahaan Sub Sektor Makanan dan
Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2020 - 2022)
Permasalah yang dihadapi pada penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana Pengaruh
Earning Growth Terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Sub Sektor
Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode
Tahun 2020 - 2022?; 2]. Bagaimana Pengaruh Firm Size Terhadap Price Earning
Ratio Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di
Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2020 - 2022?; 3]. Bagaimana
Pengaruh Earning Growth Dan Firm Size Terhadap Price Earning Ratio Pada
Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek
Indonesia (BEI) Periode Tahun 2020 - 2022?. Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Pengaruh Earning Growth Terhadap Price
Earning Ratio Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2020 – 2022; 2].
Pengaruh Firm Sizer Terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Sub Sektor
Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode
Tahun 2020 – 2022; 3]. Pengaruh Earning Growth dan Firm Size Terhadap Price
Earning Ratio Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2020 – 2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Umtuk teknik pengumpulan data
menggunakan studi kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi
sederhana, uji korelasi berganda, uji regresi linier berganda, uji koefisien
determinasi, uji t dan uji F.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa earning growth
secara parsial tidak berpengaruh signifikan dan memiliki arah hubungan yang positif
terhadap price earning ratio. Firm size secara parsial tidak berpengaruh signifikan
dan memiliki arah hubungan yang negatif terhadap price earning ratio. Earning
growth dan firm size secara simultan tidak berpengaruh signifikan dan memiliki arah
hubungan yang positif terhadap price earning ratio.