Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Switching cost dan Customer Satisfaction
Terhadap Customer loyalty (Survey Terhadap Pengguna Kartu Seluler Prabayar
Telkomsel di Ciamis). Permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:
1) Apakah switching cost berpengaruh terhadap customer loyalty ?; 2) Apakah
customer Satisfaction berpengaruh terhadap customer loyalty ?; 3) Apakah
switching cost dan customer satisfaction berpengaruh terhadap customer loyalty ?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh switching
cost terhadap customer loyalty pengguna kartu telkomsel. 2) Pengaruh customer
satisfaction terhadap customer loyalty pengguna kartu telkomsel. 3) Pengaruh
switching cost dan customer satisfaction terhadap customer loyalty pengguna
kartu telkomsel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
metode penelitian deskriptif kuantitatif sedangkan untuk teknik pengambilan
sample dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk
metode menganalisis data mengunakan metode statistik yaitu dengan analisis
regresi sederhana yang meliputi koefisien korelasi sederhana, koefesien
determinasi, regresi linier sederhana dan regresi berganda meliputi koefesien
korelasi berganda, koefisien determinasi, regresi linier berganda dan pengujian
hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian dan pengolahan data menujukan bahwa:
1) Switching cost berpengaruh positif terhadap customer loyalty pada Pengguna
Kartu Seluler Prabayar Telkomsel di Ciamis dan memiliki hubungan kuat.
Dengan kata lain jika switching cost meningkat maka akan meningkatkan
customer loyalty. 2) Customer satisfaction berpengaruh positif terhadap customer
loyalty Pada Pengguna Kartu Seluler Prabayar Telkomsel di Ciamis dan memiliki
hubungan kuat. Dengan kata lain jika Customer satisfaction meningkat maka akan
meningkatkan customer loyalty. 3) Switching cost dan customer satisfaction
berpengaruh positif terhadap customer loyalty Pada Pengguna Kartu Seluler
Prabayar Telkomsel di Ciamis dan memiliki hubungan sangat kuat. Dengan kata
lain jika switching cost dan customer satisfaction meningkat maka akan
meningkatkan customer loyalty.