Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kepuasan konsumen pada
J&T Express Cabang Ciamis yang diakibatkan oleh belum optimalnya
pelaksanaan relationship marketing dan service quality. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui: Pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan
konsumen; Pengaruh service quality terhadap kepuasan konsumen; Pengaruh
relationship marketing dan service quality terhadap kepuasan konsumen pada
J&T Express Cabang Ciamis. Metode yang digunakan yaitu metode deskriftif
dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis koefisien
korelasi sederhana dan berganda, koefisien determinasi, Analisis Regresi Linear
Sederhana dan Berganda, dan Penggujian Hipotesis (Uji t,Uji F). Hasil penelitian
menunjukan bahwa: Relationship marketing pada J&T Express Cabang Ciamis
termasuk dalam kategori sangat baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian
hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
relationship marketing terhadap kepuasan konsumen; Service quality pada J&T
Express Cabang Ciamis termasuk dalam kategori sangat baik. Begitu pula
berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan service quality terhadap kepuasan konsumen; Kepuasan
konsumen pada J&T Express Cabang Ciamis termasuk dalam kategori sangat
tinggi. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan relationship marketing dan service quality
terhadap kepuasan konsumen. Artinya jika relationship marketing dan service
quality sudah baik maka kepuasan konsumen akan meningkat.