Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap (Studi pada Konsumen PT
Griya Pratama Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pengaruh
relationship marketing terhadap keputusan pembelian mie sedaap pada PT Griya
Pratama Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis? ; 2). Bagaimana pengaruh kualitas
pelayanan terhadap keputusan pembelian mie Sedaap pada PT Griya Pratama Yomart
Minimarket Baregbeg Ciamis? ; 3). Bagaimana pengaruh relationship marketing dan
kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mie sedaap pada PT Griya Pratama
Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis? Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui 1). Pengaruh relationship markeing terhadap keputusan pembelian mie
sedaap pada PT Griya Pratama Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis; 2). Pengaruh
kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mie sedaap pada PT Griya Pratama
Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis; 3). Pengaruh relationship marketing dan
kualitas pelayanan mie sedaap terhadap keputusan pembelian mie sedaap pada PT
Griya Pratama Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan
Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda,
Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis
menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa relationship marketing
dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian mie sedaap pada PT Griya Pratama Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis
dengan besarnya pengaruh 44,49% dan sisanya 55,52% dipengaruhi faktor lain.
Diharapkan PT Griya Pratama Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis
mempertahankan dan memperhatikan relationship marketing dan kualitas pelayanan
sehingga akan meningkatkan keputusan pembelian.