Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh citra merek dan kepercayaan merek
terhadap loyalitas merek (suatu studi konsumen kopi kapal api pada Toserba
Gunasalma). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1).
pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek kopi Kapal Api Konsumen Toserba
Gunasalma; 2) pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek kopi Kapal
Api Konsumen Toserba Gunasalma; 3) pengaruh pengaruh citra merek dan
kepercayaan merek terhadap loyalitas merek kopi Kapal Api Konsumen Toserba
Gunasalma.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan Analisis Deskriptif dan Asosiatif meliputi Analisis Koefesien Korelasi
Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Berganda,
Analisis Koefesien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi
(Uji t dan Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa secara parsial dan
simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra merek dan
kepercayaan merek terhadap loyalitas merek pada Kopi Kapal Api di Toserba
Gunasalma Kawali. Sebaiknya perusahaan memastikan dulu ketersediaan dan
kemudahan pembelian produk kopi kapal api di berbagai titik penjualan. Selain
itu, pertimbangkan inovasi kemasan atau produk untuk memfasilitasi konsumsi
yang mudah di berbagai situasi, sediakan konten edukatif atau panduan tentang
kopi seperti cara menyeduh yang baik atau informasi mengenai asal-usul biji kopi.