Unigal Repository

PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN PARIWISATA BAGI WISATAWAN YANG BERKUNJUNG KE DESTINASI WISATA GREEN CANYON PANGANDARAN DIHUBUNGKAN DENGAN PASAL 20 HURUF (B) UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 2009 TENTANG KEPARIWISATAAN

Show simple item record

dc.contributor.author Alfiansyah, Helfi Octafian
dc.contributor.author Herlina, Hj.Nina
dc.contributor.author Yulia, Alis
dc.date.accessioned 2024-05-15T02:21:02Z
dc.date.available 2024-05-15T02:21:02Z
dc.date.issued 2023-12-31
dc.identifier.other 3300190081
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4081
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya pelayanan pariwisata yang diberikan kepada wisatawan sesuai dengan standar sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang pelaksanaan standar pelayanan pariwisata bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Green Canyon Pangandaran dihubungkan dengan pasal 20 huruf b undang-undang nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisatan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu tentang pelaksanaan standar pelayanan pariwisata bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Green Canyon Pangandaran dihubungkan dengan pasal 20 huruf b undang-undang nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan dan kendala-kendala serta upaya-upaya dalam pelaksanaan standar pelayanan pariwisata bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Green Canyon Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu cara untuk memecahkan masalah atau menjawab permasalahan yang sedang dihadapi,dilakukan dengan menempuh jalan pengumpulan,klasifikasi,analisis data yang dikumpulkan dengan tujuan membuat gambaran tentang suatu keadaan secara objektif dengan metode pendekatan yuridis normatif. Hasil penelitian dan pembahasan bahwa pelaksanaan standar pelayanan pariwisata bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Green Canyon Pangandaran dihubungkan dengan pasal 20 huruf b undang-undang nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan belum optimal. Adanya kendala-kendala yang disebabkan oleh kurangnya kesiapan pengelola objek wisata dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan yang dating karena ketersediaan sarana dan prasarana pelayanan yang kurang memadai serta ketidak disiplinan wisatawan yang dating terhadap setiap ketentuan yang telah disampaikan maupun yang telah diinformasikan.Upaya yang dilakukannya seperti melkaukan berbagai penambahan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh pengelola dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan serta melakukan pengarahan kepada setiap wisatawan yang dating mengingat objek wisata termasuk objek wisata beresiko tinggi selain itu Dinas Pariwisata telah memberikan arahan kepada petugas pengelola untuk dapat menjaga setiap wisatawan yang datang. Dinas Pariwisata dan kebudayaan sebaiknya melakukan pengawasan secara berkala terhadap objek wisata Green Canyon sehingga dapat meminimalisir berbagai permasalahan dalam memberikan pelayanan kepariwisataan kepada wisatawan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Fakultas Hukum UNIGAL en_US
dc.subject Standar Pelayanan en_US
dc.subject Pariwisata en_US
dc.title PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN PARIWISATA BAGI WISATAWAN YANG BERKUNJUNG KE DESTINASI WISATA GREEN CANYON PANGANDARAN DIHUBUNGKAN DENGAN PASAL 20 HURUF (B) UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 2009 TENTANG KEPARIWISATAAN en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account