Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum optimalnya Strategi Pengelolaan Pasar Desa oleh Badan Usaha Milik Desa Galuh Rahayu di Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis. Hal ini diketahui dari masih minimnya pengetahuan dari pihak pengelola pasar, sistem manajemen pasar yang dikelola BUMDes belum benar-benar terpisah dengan pemerintah desa, dan belum adanya inovasi produk yang dilakukan oleh BUMDes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Pengelolaan Pasar Desa oleh Badan Usaha Milik Desa Galuh Rahayu di Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer dengan 8 orang informan dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Strategi Pengelolaan Pasar Desa oleh Badan Usaha Milik Desa Galuh Rahayu yang diukur dengan empat dimensi, belum dapat berjalan optimal. Hal tersebut terjadi karena masih terdapat beberapa hambatan, yaitu kurangnya pengetahuan dari pengurus BUMDes dalam menguasai dunia usaha, sedikitnya kepercayaan masyarakat sehingga sulit untuk memperluas pasar desa, kurangnya keterampilan dalam mengembangkan teknologi komunikasi untuk membantu promosi. Untuk mengatasi hambatan tersebut dilakukan dengan memprioritaskan memilih pengelola BUMDes yang mengetahui dunia usaha, menjalin kemitraan bersama agar bisa memperluas pasar desa sehingga mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, melakukan pelatihan dalam mengembangkan teknologi untuk membantu promosi.