Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi belum optimalnya kejelasan SOP pelayanan bagi masyarakat berkebutuhan khusus, dan fasilitas yang belum lengkap untuk pelayanan terhadap masyarakat berkebutuhan khusus. Hal tersebut terlihat dari pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis yang masih kurang dalam hal mesnsosialisasikan tentang pelayanan terhadap masyarakat berkebutuhan khusus dan masih kurangnya tenaga ahli dalam bidang melayani masyarakat berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan inklusif oleh pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan, yang terdiri dari observasi dan wawancara. Dengan informan sebanyak 6 (orang). Bedasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Pelayanan Inklusif oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis masih belum optimal, hal tersebut terlihat dari 11 indikator yang dijadikan tolak ukur, diantaranya 8 sudah berjalan dengan baik dan 3 belum sesuai pelaksanaanya. Hambatan-hambatan yang dihadapi berupa kurangnya anggaran dalam melengkapi fasilitas, tidak adanya rekuitmen baru untuk pegawai yang ahli dalam bidang melayani masyarakat berkebutuhan khusus, kurang mensosialisasikan pelayanan bagi masyarakat berkebutuhan khusus.