Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Analisis Pengaruh Shared Value dan
Communication Terhadap Kepercayaan (Trust) Pengguna Mobile Banking (Studi
Kasus Pada Nasabah Mobile Banking Livin’ by Mandiri Ciamis). Permasalahan
yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Apa pengaruh shared value
terhadap kepercayaan pada mobile banking Livin’ by Mandiri? 2). Apa pengaruh
communication terhadap kepercayaan pada mobile banking Livin’ by Mandiri? 3).
Apa pengaruh shared value dan communication terhadap kepercayaan pada
mobile banking Livin’ by Mandiri?. Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini
adalah untuk: 1). Menganalisis pengaruh shared value terhadap kepercayaan pada
mobile banking Livin’ by Mandiri. 2). Menganalisis pengaruh communication
terhadap kepercayaan pada mobile banking Livin’ by Mandiri. 3). Menganalisis
pengaruh shared value dan communication terhadap kepercayaan pada mobile
banking Livin’ by Mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian dan
pengolahan data menunjukkan 1). Shared value pada mobile banking Livin’ by
Mandiri masuk pada kategori baik dan berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap kepercayaan. 2). Communication pada mobile banking Livin’ by Mandiri
masuk pada kategori baik dan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
kepercayaan. 3). Tingkat kepercayaan pada mobile banking Livin’ by Mandiri
masuk pada klasifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian shared value dan
communication memilki hubungan yang cukup kuat dengan kepercayaan sehingga
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Diharapkan Bank Mandiri menjaga
kepercayaan para nasabahnya agar pelayanan yang telah diberikan selama ini
dapat terjaga dengan baik, khususnya menjaga dan meningkatkan shared value
dan communication dalam pelayanan mobile banking agar nasabah dapat
bertransaksi dengan aman dan nyaman.