Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan
terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi pada Pelanggan Mega Baja Trans).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana
pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Mega Baja Trans?
2). Bagaimana pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Mega
Baja Trans? 3). Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan
terhadap loyalitas pelanggan pada Mega Baja Trans? Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1). Pengaruh kualitas pelayanan
terhadap loyalitas pelanggan pada Mega Baja Trans, 2). Pengaruh nilai pelanggan
terhadap loyalitas pelanggan pada Mega Baja Trans, 3). Pengaruh kualitas
pelayanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Mega Baja
Trans.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan analisis data
yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan verifikatif.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan besarnya
pengaruh 46,03% sedangkan 53,97% dipengaruhi faktor lain hasil hipotesis
diperoleh pengaruh yang signifikan dengan α=0,05 dan dk=n-2 diperoleh nilai
t hitung > t tabel (8,953 > 1,9855).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa nilai pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan besarnya
pengaruh 37,87% sedangkan 62,13% dipengaruhi faktor lain hasil hipotesis
diperoleh pengaruh yang signifikan dengan α=0,05 dan dk=n-2 diperoleh nilai
t hitung > t tabel (7,5694> 1,9855).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa kualitas pelayanan
dan nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan dengan besarnya pengaruh 51,09% sedangkan 48,91% dipengaruhi
faktor lain hasil hipotesis diperoleh pengaruh yang signifikan dengan α=0,05 dan
dk=n-k-1 diperoleh nilai f hitung > f tabel (48,581 > 3,09).
Diharapkan Mega Baja Trans mampu meningkatkan kualitas pelayanan dan nilai
pelanggan secara bersama–sama sehingga dapat meningkatkan loyalitas
pelanggan.