Abstract:
Buku “Menanam Sayuran Hidroponik dan Organik Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Adiwiyata (Project-based Learning dengan STEAM-H bagi Peserta Didik SD/MI) disusun sebagai bentuk dari penerapan teknologi pertanian guna mendukung inovasi pembelajaran di sekolah Adiwiyata. Menanam sayuran dengan sistem hidroponik dan organik dijadikan sebagai media pembelajaran untuk memfasilitasi pembelajaran terintegrasi matematika dan IPAS di tingkat Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kegiatan menanam sayuran tersebut merupakan proyek dalam pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang melibatkan beberapa disiplin ilmu dalam ruang lingkup science, technology, engineering, agriculture, mathematics, and healthy (STEAM-H).
Buku ini terutama ditujukan bagi guru SD/MI yang akan mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek dengan mempersiapkan lingkungan belajar praktik menanam sayuran dengan sistem hidroponik. Buku ini memberikan gambaran mulai dari bagaimana mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu proyek, menetapkan proyek dan integrator konseptual maupun kontekstual dalam pembelajara berbasis proyek dalam ruang lingkup STEAM-H, serta merancang modul ajar/rencana pembelajaran. Setiap tahapan menanam yang terintegrasi dengan konsep-konsep mata Pelajaran matematika dijelaskan secara teknis untuk memudahlan guru mengembangkan bahan ajar.