Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Biaya Variabel Terhadap Margin
Kontribusi (Suatu Studi pada PT. Unilever Indonesia Tbk yang Terdaftar di Bursa
Efek Indonesia Periode 2012-2021).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana Biaya
Variabel pada PT. Unileber Indonesia Tbk? 2]. Bagaimana Margin Kontribusi
pada PT. Unilever Indonesia Tbk? 3]. Bagaimana Pengaruh Biaya Variabel
Terhadap Margin Kontribusi pada PT. Unilever Indonesia Tbk?. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Biaya Variabel pada
PT. Unileber Indonesia Tbk 2]. Margin Kontribusi pada PT. Unilever Indonesia
3]. Pengaruh Biaya Variabel Terhadap Margin Kontribusi pada PT. Unilever
Indonesia Tbk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Koefisien Korelasi
pearson product moment (PPM), Analisis Regresi Linear Sederhana, Analisis
Koefisien Determinasi (R 2 ), Uji Hipotesisnya menggunakan Uji t dan Uji
kecocokan pada penelitian ini menggunakan Uji F.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa terdapat Pengaruh
yang Signifikan Biaya Variabel terhadap Margin Kontribusi dengan besarnya
pengaruh 90,32% dan sisanya 9,68% dipengaruhi oleh faktor lain.
Diharapkan PT. Unilever Indonesia Tbk lebih bisa meminimalisir biaya variabel
dengan begitu dapat meningkatkan margin kontribusinya dan meningkatkan
penjualannya.