Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada “Pengaruh Obligasi Kontraktual Dan Manajemen
Pajak Terhadap Creative Accounting pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri
Dasar dan Kimia Terdaftar Di Bursa Efek Indonesian (BEI)”.
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1. Bagaimanakah
Pengaruh Obligasi Kontraktual terhadap Creative Accounting pada Perusahaan
Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar Di Bursa Efek
Indonesian (BEI)?; 2. Bagaimanakah Pengaruh Manajemen Pajak terhadap
Creative Accounting pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan
Kimia yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesian (BEI)?; dan 3. Bagaimanakah
Pengaruh Obligasi Kontraktual dan Manajemen Pajak terhadap Creative
Accounting pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesian (BEI)?. Adapun tujuan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui Pengaruh Obligasi Kontraktual terhadap Creative
Accounting pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesian (BEI).; 2. Untuk mengetahui Pengaruh
Manajemen Pajak terhadap Creative Accounting pada Perusahaan Manufaktur
Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesian (BEI).
dan 3. Untuk mengetahui Pengaruh Obligasi Kontraktual dan Manajemen Pajak
terhadap Creative Accounting pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar
dan Kimia yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesian (BEI). Metode yang
digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan
Statistik Deskriptif, Korelasi Parsial, Regresi Parsial, Koefisien Determinasi,
Korelasi Berganda, Regresi Berganda, Uji t, dan Uji F.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Obligasi Kontraktual dan Manajemen
Pajak mempunyai pengaruh yang kuat terhadap Creative Accounting di
Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Tahun 2020 s/d 2021
dengan persentase pengaruh determinasi sebesar 63,25%, sisanya sebesar 36,75%
oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan yaitu bagi perusahaan diharapkan
mengoptimalkan Creative Accounting agar berguna untuk meningkatkan
kemajuan perusahaan, bagi investor disarankan lebih memperhatikan kriteria
keuangan perusahaan dan juga perlu memperhatikan kondisi pergerakan efek dan
faktor lingkungan, bagi peneliti disarankan untuk menambah jumlah sampel dan
variabel lain yang berpengaruh terhadap Creative Accounting.