Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Customer Engagement dan E-Service
Quality terhadap Online Repurchase Intention (Studi Pada Mahasiswa Pengguna
Aplikasi Shopee Pada Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas
Galuh).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana
pengaruh customer engagement terhadap online repurchase intention pengguna
shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh?; 2]. Bagaimana
pengaruh e-service quality terhadap online repurchase intention pengguna shopee
pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh?; 3]. Bagaimana pengaruh
customer engagement dan e-service quality terhadap online repurchase intention
pengguna shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh?. Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Pengaruh
customer engagement terhadap online repurchase intention pengguna shopee pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh; 2]. Pengaruh e-service quality
terhadap online repurchase intention pengguna shopee pada mahasiswa Fakultas
Ekonomi Universitas Galuh; 3]. Pengaruh customer engagement dan e-service
quality terhadap online repurchase intention pengguna shopee pada mahasiswa
Fakultas Ekonomi Universitas Galuh.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan
pendekatan kuantitatif deskriptif. Sedangkan untuk menganalisis data yang
diperoleh digunakan analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien
determinasi, uji hipotesis menggunakan uji signifikan (Uji t), analisis linier
berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis
menggunakan Uji f.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa customer
engagement dan e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap
online repurchase intention pengguna shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Galuh dengan besarnya pengaruh 55,9% sedangkan 44,1%
dipengaruhi faktor lain.
Diharapkan platform shopee dapat meningkatkan kualitas dengan memberikan
pengalaman diluar ekspektasi pengguna, meningkatkan pelayanan terhadap
pelanggan atas keluhan yang diberikan pelanggan, serta meningkatkan keamanan
pelanggan shopee agar kepercayaan dan kenyamanan pengguna shopee juga lebih
meningkat..