Abstract:
Berdasarkan data statistik Ombudsman Republik Indonesia menunjukkan selama
5 tahun terakhir kepolisian selalu menempati urutan kedua institusi yang paling
banyak dilaporkan oleh masyarakat. Masyarakat sering mengeluhkan bahwa
mereka malas dalam mengurus hal-hal yang berkaitan dengan administratif
kepolisian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana lingkungan
kerja pada Kepolisian Resor Ciamis? 2) Bagaimana kualitas pelayanan anggota
kepada masyarakat pada Kepolisian Resor Ciamis? 3) Seberapa besar pengaruh
lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan anggota kepada masyarakat pada
Kepolisian Resor Ciamis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui: 1) Lingkungan kerja pada Kepolisian Resor Ciamis, 2) Kualitas
pelayanan anggota kepada masyarakat pada Kepolisian Resor Ciamis, 3)
Besaranya pengaruh lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan anggota kepada
masyarakat pada Kepolisian Resor Ciamis. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang
diperoleh digunakan analisis koefisien korelasi product moment, uji koefisien
determinasi, uji hopotesis menggunakan uji signifikansi (uji t) dan uji F serta uji
regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Lingkungan kerja pada
Anggota Kepolisian Resor Ciamis tergolong baik. Hal tersebut terlihat dari sudah
baiknya kondisi fisik, kondisi psikologis, dan kondisi keamanan pada Anggota
Kepolisian Resor Ciamis. 2) Kualitas pelayanan anggota kepada masyarakat oleh
Anggota Kepolisian Resor Ciamis tergolong baik. Hal tersebut terlihat dari sudah
baiknya pelayanan dengan memperhatikan berwujud (tangible), empati (emphaty),
keandalan (reliability), keresponsifan (responsiveness), dan keyakinan
(assurance). 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan kerja
terhadap kualitas pelayanan anggota kepada masyarakat oleh anggota Kepolisian
Resor Ciamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai
lingkungan kerja akan memberikan pengaruh yang nyata terhadap kualitas
pelayanan anggota kepada masyarakat oleh anggota Kepolisian Resor Ciamis,
sedangkan besarnya pengaruh sebesar 63,36%.