Abstract:
Dini Sr Mulyani. 3402190172. Pengaruh Diferensiasi dan Inovasi Produk terhadap
Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi pada Konveksi Rades Collection Ciamis). Di
bawah bimbingan Bapak Dr. H. Oyon Saryono, Drs., M.M. (Pembimbing I) dan
Bapak Faizal Haris Eko Prabowo, SE. M.M. (Pembimbing II).
Dengan persaingan yang semakin kompetitif, perusahaan–perusahaan berusaha untuk bisa
mempertahankan pelanggannya. Salah satunya yaitu menciptakan pemikiran – pemikiran
baru dari segi kemasan atau tampilan produk dalam membuat rancangan baru untuk
mempertahankan dan mendapatkan pelanggan baru. Namun demikian berdasarkan hasil
observasi awal yang peneliti lakukan pada Konveksi Rades Collection Ciamis diketahui
bahwa terdapat permasalahan-permasalahan mengenai loyalitas pelanggan terhadap
produk pakaian yang dipasarkan. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya konsumen yang
lebih memilih untuk membeli produk pakaian ke perusahaan lain, hal ini diakibatkan oleh
kepercayaan konsumen terhadap produk pakaian yang dipasarkan mengingat perusahaan
masih tergolong perusahaan yang belum lama berdiri. Permasalahan tersebut diakibatkan
oleh belum optimalnya diferensiasi dan inovasi produk yang dilakukan oleh pihak
perusahaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana pengaruh
diferensiasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada Konveksi Rades Collection
Ciamis?; Bagaimana pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada
Konveksi Rades Collection Ciamis?; Bagaimana pengaruh diferensiasi produk dan
inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada Konveksi Rades Collection Ciamis?.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh
diferensiasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada Konveksi Rades Collection Ciamis;
Pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada Konveksi Rades Collection
Ciamis; Pengaruh diferensiasi produk dan inovas produk terhadap loyalitas pelanggan
pada Konveksi Rades Collection Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah survey explanatory dengan pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah rata-rata konsumen pada perusahaan Konveksi Rades Collection Ciamis yang
melakukan pembelian pada bulan Juli – Desember 2022 yaitu sebanyak 702 orang,
sampel yang dipilih adalah sebanyak 88 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data
dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan
penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut:
Diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada
Konveksi Rades Collection Ciamis; Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan pada Konveksi Rades Collection Ciamis; Diferensiasi
produk dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan pada Konveksi Rades Collection Ciamis. Artinya ketika diferensiasi produk
dan inovasi produk meningkat maka akan meningkatkan loyalitas pelanggan pada
Konveksi Rades Collection Ciamis, begitu pula sebaliknya.