Abstract:
Maulana Rifqi. NIM 3402190254. Pengaruh Salesmanship dan Sales
Promotion Terhadap Penjualan Bahan Bangunan (Suatu Studi Pada Pt.Faza
Anugrah Jaya Garut) Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Oyon Saryono,
M.M. (Pembimbing I) dan Bapak Faizal Haris Eko Prabowo, S.E.,M.M
(Pembimbing II).
Penjualan merupakan tujuan utama setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang
pemasaran untuk meraih tingkat penjualan yang cukup tinggi dan mampu bersaing
dengan para kompetitor dibidang yang sama. Namun realisasi penjualan bahan
bangunan di PT. faza anugrah jaya garut belum mencapai target dan mengalami
penurunan yang cukup signifikan, ada beberapaa faktor yang mempengaruhi
penjualan diantaranya yaitu salesmanship dan sales promotion. Hal ini kemudian
mengindikasikan bahwa berdasarkan latar belakang tersebut dapat dikatakan
salesmanship dan sales promotion yang diberikan perusahaan masih belum
maksimal dalam meningkatkan penjualan terhadap produk. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini meliputi: Bagaimana pengaruh salesmanship
terhadap penjualan bahan bangunan pada PT.faza anugrah jaya garut; Bagaimana
pengaruh sales promotion terhadap penjualan bahan bangunan pada PT.faza
anugrah jaya garut; Bagaimana pengaruh salesmanship dan sales promotion
terhadap penjualan bahan bangunan pada PT.faza anugrah jaya garut. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh salesmanship terhadap penjualan bahan
bangunan pada PT.faza anugrah jaya garut; untuk mengetahui pengaruh sales
promotion terhadap penjualan bahan bangunan pada PT.faza anugrah jaya garut;
untuk mengetahui pengaruh salesmanship dan sales promotion terhadap penjualan
bahan bangunan pada PT.faza anugrah jaya garut. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan
kuantitatif. Data yang diperoleh menggunakan observasi, interview, kuesioner dan
studi Pustaka. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis koefisien
korelasi sederhana, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi,
analisis koefisien korelasi berganda, analisis regresi linier berganda, uji T dan uji
F. Hasil penelitian dan hasil pengolahan data menunjukan bahwa salesmanship
berpengaruh positif terhadap penjualan dengan besarnya pengaruh sebesar 13,98%
sementara sisanya 86,02% dipengaruhi oleh faktor lain; sales promotion
berpengaruh positif terhadap penjualan dengan besarnya pengaruh sebesar 46,2%
sementara sisanya 53,8% dipengarhi oleh faktor lain; kemudian pengaruh dari
salesmanship dan sales promotion berpegaruh positif teradap penjualan dengan
besarnya pengaruh sebesar 45,8% sementara sisanya 54,2% dipengaruhi oleh
faktor lain. Dengan demikian PT. faza anugrah jaya garut harus lebih
memperhatikan salesmanship dan sales promotion agar dapat meningkatkan
penjualan. Diharapkan perusahaan PT. faza anugrah jaya garut dapat lebih
memperhatikan salesmanship dan sales promotion agar dapat meningkatkan
penjualan sehingga target penjualan akan selalu maksimal.