Abstract:
Vira Yuliana, NIM. 3402190220 Program Strata 1 (S1 Program Studi
Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis) “Pengaruh
Tampilan Website dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli (Suatu Studi
pada Pelanggan E-commerce Shopee di Desa Jatinagara)”. Di bawah
bimbingan Ibu Dr. Hj. Aini Kusniawati, M.M (Pembimbing I) dan Bapak
Faisal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M. (Pembimbing II).
Kemajuan teknologi dan tersedianya internet ternyata memberikan dampak yang
baik terhadap manusia untuk semakin memperluas komunikasi yang kini tidak
terbatas oleh ruang dan waktu. Sebab itu perusahaan saat ini banyak membuka
situs toko online atau situs e-commerce di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia,
Tiktok Shop, BukaLapak, Blibli, Shopee dan lainnya. Salah satu produk yang ada
di e-commerce yang mengalami peningkatan saat ini adalah produk-produk yang
sedang tren. Hal ini tentunya mendorong suasana persaingan industri yang
ditandai dengan banyaknya produk sejenis dengan tampilan yang berbeda.
Persaingan tersebut dialami oleh berbagai toko online salah satunya pada e-
commerce shopee. Pada objek penelitian ini tidak ada peningkatan pembelian
secara online yang signifikan terhadap minat beli pada konsumen e-commerce
shopee di Desa Jatinagara. Tentunya ada beberapa faktor yang membuat
konsumen tidak memilih produk yang ada di e-commerce shopee. Salah satu
faktornya yaitu semakin maraknya toko online lain yang harganya lebih
terjangkau dan pilihan produk yang menarik. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh tampilan website terhadap minat beli pada
konsumen e-commerce shopee di Desa Jatinagara, untuk mengetahui pengaruh
potongan harga terhadap minat beli pada konsumen e-commerce shopee di Desa
Jatinagara, dan untuk mengetahui pengaruh tampilan website dan potongan harga
terhadap minat beli pada konsumen e-commerce shopee di Desa Jatinagara.
Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode
survey dengen pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh
konsumen e-commerce shopee di Desa Jatinagara yang melakukan pembelian.
Teknik penentuan sample menggunakan simple random sampling, data diperoleh
dengan membagikan kuesioner kepada 74 responden. Teknik analisis data
menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien korelasi berganda,
koefisien determinasi, regresi linier berganda uji t serta uji f. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: Tampilan Website berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli pada e-commerce shopee di Desa Jatinagara. Potongan harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada e-commerce shopee di
Desa Jatinagara. Secara simultan, tampilan website dan potongan harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada e-commerce shopee di
Desa Jatinagara.