Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada siswa yang masih rendah. Higher
Order Thinking Skills (HOTS) merupakan bagian dari tuntutan kurikulum 2013. Model Discovery Learning berbasis
TPACK merupakan salah satu model yang sesuai dengan penerapan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content,
Knowledge) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sariwangi pada
sub materi sistem pernapasan manusia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 30 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian menggunakan one group pretestposttest design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi analisis, evaluasi
dan mencipta dalam bentuk uraian/essay. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik menggunakan uji N-Gain, uji
normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir
tingkat tinggi siswa dinilai tinggi dengan rata-rata 0,82, data berdistribusi normal dan hipotesis diterima. Maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan penerapan model discovery learning berbasis TPACK
TPACK (Technological, Pedagogical, Content, Knowledge) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa
pada sub materi system pernapasan manusia