Unigal Repository

Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Membangun Kemandirian Peserta Didik

Show simple item record

dc.contributor.author Dadi, dadi
dc.date.accessioned 2023-08-31T10:34:49Z
dc.date.available 2023-08-31T10:34:49Z
dc.date.issued 2023-09-02
dc.identifier.issn 2986-7436
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3528
dc.description.abstract Kompetensi kepribadian guru berkaitan erat dengan pengembangan kepribadian peserta didik. Guru dengan kepribadian kuat akan memberikan dampak kepada peserta didik baik dalam perspektif citra guru yang baik maupun memberikan pengaruh langsung dalam bentuk upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran yang ideal. Hal yang menarik adalah sejauhmana kompetensi kepribadian guru berdampak kepada perkembangan kemandirian peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, peserta didik dan kepala sekolah SMPN 5 Malangbong Kabupaten Garut. Untuk pemerolehan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui urutan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas guru SMPN 5 Malangbong kabupaten Garut sudah memiliki kompetensi kepribadian guru dan mengimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Kepribadian guru berhasil mengembangkan kemandirian peserta didik khususnya rasa percaya diri, tanggung jawab dan inisiatif. Terdapat beberapa kendala yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu peserta didik tidak mau membuka diri, tidak mempunyai keinginan untuk berubah, dan tidak bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh guru. Kondisi ini membutuhkan Upaya lanjutan untuk memberi kesempatan peserta didik berkembang sesuai dengan usianya. Ditemukan juga beberapa guru belum memiliki kompetensi kepribadian guru yang utuh sehingga diduga berpengaruh terhadap lambatnya adaptabilitas peserta didik dalam pembelajaran. Kendala lainnya adalah komunikasi guru dengan orang tua yang tidak intens, jarak tempat tinggal peserta didik yang jauh dengan sekolah, SDM orang tua, dan faktor ekonomi. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Pendidikan Indonesia en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 1;No 3
dc.subject Kompetensi Kepribadian Guru, Kemandirian Peserta Didik en_US
dc.title Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Membangun Kemandirian Peserta Didik en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account