Abstract:
Widi Aska Adela. NIM 3402190152. Pengaruh Point Of Purchase dan Price
Discount Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus pada Toserba Gunasalma
Kawali). Dibawah Bimbingan Dr. Hj. Aini Kusniawati, M.M. (Pembimbing
I) dan Faizal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M. (Pembimbing II)
Seiring berkembangnya zaman banyak munculnya berbagai usaha dan peluang
bisnis baru yang beroperasi di Indonesia. Salah satu bisnis yang mengalami
perkembangan yang cukup pesat yaitu bisnis ritel, dimana jumlah ritel di
Indonesia terus bertambah seperti minimarker, supermarket, hypermarket dan
bisnis ritel lainnya. Dari perkembangan ini menimbulkan istilah persaingan untuk
menarik perhatian konsumen, sehingga setiap perusahaan berlomba-lomba
membuat stratergi pemasaran diantaranya yaitu point of purchase dan price
discount. Banyaknya konsumen yang tertarik dengan adanya point of purchase
dan price discount, membuat konsumen cenderung membeli produk tanpa berfikir
panjang (impulse buying). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Besarnya
pengaruh point of purchase terhadap impulse buying, Besarnya pengaruh price
discount terhadap impulse buying, Besarnya pengaruh point of purchase dan price
discount terhadap impulse buying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang
diperoleh dari penelitian ini sebanyak 100 responden untuk masing – masing
variabel. Sedangkan untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu dengan
menggunakan metode Analisis Regresi Sederhana, Analisis Regresi Berganda,
Analisis Korelasi Sederhana, Analisis Korelasi Berganda, Analisis Koefisien
Determinasi, Uji Hipotesis menggunakan Uji signifikan (Uji t dan Uji F). Hasil
dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa point of purchase dan
price discount berpengaruh positif dan siginifikan terhadap impulse buying
dengan besar pengaruh sebesar 26% dan untuk sisanya yaitu 74% dipengaruhi
oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.