Abstract:
Ersa Rosalina, Nim. 3402190034. “Pengaruh Online Customer Review dan
Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Konsumen Produk Jiniso di
Marketplace Shopee)”. Dibawah bimbingan Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E.,
M.M. (Pembimbing I) dan Kasman, Drs., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada “Pengaruh Online Customer Review dan Online
Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Konsumen Produk Jiniso di Marketplace
Shopee).”
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana
pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian produk fashion
Jiniso di marketplace Shopee? 2) Bagaimana pengaruh online customer rating
terhadap keputusan pembelian produk fashion Jiniso di marketplace Shopee? 3)
Bagaimana online customer review dan online customer rating terhadap
keputusan pembelian produk fashion di marketplace Shopee? Adapun tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh
online customer review terhadap keputusan pembelian produk fashion Jiniso di
marketplace Shopee? 2) Pengaruh online customer rating terhadap keputusan
pembelian produk fashion Jiniso di marketplace Shopee? 3) Pengaruh online
customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian
produk fashion di marketplace Shopee?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Regresi Sederhana,
Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji t (parsial), sedangkan untuk menghitung
pengaruh antara tiga variabel menggunakan Analisis Koefisien Korelasi
Berganda, Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji F
(simultan).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa: 1] online
customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion
Jiniso di marketplace Shopee dengan pengaruh sebesar 43,39% sedangkan sebesar
56,61% dipengaruhi oleh faktor lain; 2] online customer rating berpengaruh
terhadap keputusan pembelian produk fashion Jiniso di marketplace Shopee
dengan pengaruh sebesar 59,51% sedangkan sebesar 40,49% dipengaruhi oleh
faktor lain; 3] online customer review dan online customer rating berpengaruh
terhadap keputusan pembelian produk fashion Jiniso di marketplace Shopee
dengan pengaruh sebesar 62,25% sedangkan sebesar 37,75% dipengaruhi oleh
faktor lain.
Diharapakan toko online Jiniso Official Shop dapat mempertahankan online
customer review dan online customer rating sehingga akan berpengaruh terhadap
meningkatnya keputusan pembelian.