Abstract:
Ega Sofiana Rahmat, NIM. 3402180270. “Pengaruh Strategi Marketing
Public Relations dan Digital Marketing Terhadap Peningkatan
Penjualan Produk (Suatu Studi pada UMKM Maticcorner Banjar
Patroman)”. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Apri Budianto, M.M.
(Pembimbing 1) dan Bapak Mukhtar Abdul Kader, S.E. M.M. (Pembimbing
II).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya peningkatan penjualan
perusahaan pada UMKM Maticcorner Banjar Patroman yang diakibatkan oleh
belum optimalnya strategi marketing public relation dan digital marketing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh strategi marketing
public relations terhadap peningkatan penjualan produk; 2) Pengaruh
digital marketing terhadap peningkatan penjualan produk; 3) Pengaruh
strategi marketing public relations dan digital marketing terhadap
peningkatan penjualan produk pada UMKM Maticcorner Banjar Patroman.
Metode yang digunakan yaitu metode deskriftif analisis dengan pendekatan
kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana dan
berganda, koefisien determinasi, Analisis Regresi Linear Sederhana dan
Berganda, dan Penggujian Hipotesis (Uji t,Uji F). Hasil penelitian menunjukan
bahwa: 1) Strategi marketing public relations pada UMKM Maticcorner Banjar
Patroman termasuk dalam kategori baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian
hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi
marketing public relation terhadap peningkatan penjualan produk; 2) Digital
marketing pada UMKM Maticcorner Banjar Patroman termasuk dalam kategori
baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat
pengaruh positif dan signifikan digital marketing terhadap peningkatan
penjualan produk; 3) Peningkatan penjualan produk pada UMKM
Maticcorner Banjar Patroman termasuk dalam kategori tinggi. Begitu pula
berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif
dan signifikan strategi marketing public relations dan digital marketing
terhadap peningkatan penjualan produk. Artinya jika strategi marketing
public relations dan digital marketing sudah baik maka peningkatan
penjualan produk akan meningkat.