Abstract:
YUSI MAULANI, NIM. 3402190322. “Pengaruh Variety Seeking dan
Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Brand Switching (Suatu Studi Pada
Produk Smartphone Samsunng ke Smartphone Oppo di Toko Irwan Cell)”.
Dibawah bimbingan Dr. H. Yusuf Iskandar, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan
Marlina Nur Lestari, S.E., M.M. (Pembimbing II)
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh variety seeking dan ketidakpuasan
konsumen terhadap brand switching (suatu studi pada produk smartphone
samsung ke smartphone oppo di Toko Irwan Cell). Permasalahan yang dihadapi
dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana pengaruh variety seeking terhadap
brand switching pada konsumen di Toko Irwan Cell ? (2) Bagaimana pengaruh
ketidakpuasan konsumen terhadap brand switching di Toko Irwan Cell ? (3)
Bagaimana pengaruh variety seeking dan ketidakpuasan konsumen terhadap
brand switching di Toko Irwan Cell ? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1)
Pengaruh variety seeking terhadap brand switching di Toko Irwan Cell. (2)
Pengaruh ketidakpuasan konsumen terhadap brand switching di Toko Irwan Cell.
(3) Pengaruh variety seeking dan ketidakpuasan konsumen terhadap brand
switching di Toko Irwan Cell. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data
yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis
Regresi Linear Sederhana, Koefisien Determinasi, Analisis Koefisien Korelasi
Berganda, Analisis Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji
Signifikasi (Uji t, dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data
menunjukkan bahwa (1) variety seeking berpengaruh positif terhadap brand
switching di Toko Irwan Cell, dengan tingkat keeratan hubungan berada pada
korelasli sedang. (2) ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif terhadap brand
switching pada konsumen di Toko Irwan Cell, dengan tingkat keeratan hubungan
berada pada korelasi sedang. (3) variety seeking dan ketidakpuasan konsumen
berpengaruh positif dan simultan (bersama-sama) terhadap brand switching di
Toko Irwan Cell, dengan nilai r = 0,608 yang berarti tingkat keeratan hubungan
berada pada korelasi kuat. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa F hitung 23,567 > 3,09
F tabel . Dengan demikian berarti apabila variety seeking dan ketidakpuasan
konsumen meningkat, maka brand switching juga meningkat. Bagi peneliti
selanjutnya dapat ditambahkan lagi variabel lain yang dapat mempengaruhi brand
switching.