Abstract:
Ngasirah Dewi Sekarmelati, NIM 3402190227. "Pengaruh Current Ratio dan
Return on Equity terhadap Price Earning Ratio (Suatu Studi pada PT.
Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2012 - 2021)". Dibawah bimbingan
Bapak Dr. H. Yusup Iskandar, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Ibu Marlina
Nur Lestari S.E., M.M (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Current Ratio dan Return on Equity
terhadap Price Earning Ratio (Suatu studi pada PT. Indofood Sukses Makmur
Tbk Periode 2012 - 2021).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. bagaimana
pengaruh current ratio terhadap Price Earning Ratio PT. Indofood Sukses
Makmur Tbk Periode 2012 - 2021 ?; 2]. Bagaimana pengaruh Return on Equiy
terhadap Price Earning Ratio PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2012 -
2021 ?; 3]. Bagaimana pengaruh Current Ratio dan Return on Equity terhadap
Price Earning Ratio PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2012 - 2021 ?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1].
pengaruh current ratio terhadap Price Earning Ratio PT. Indofood Sukses
Makmur Tbk Periode 2012 - 2021; 2]. Pengaruh Return on Equiy terhadap Price
Earning Ratio PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2012 - 2021; 3].
Pengaruh Current Ratio dan Return on Equity terhadap Price Earning Ratio PT.
Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2012 - 2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desain deskriptif
dengan teknik survey. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis
regresi sederhana, analisis koefisien korelasi, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji
Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan f) .
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa Current ratio tidak
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap price earning ratio PT.
Indofood Sukses Makmur periode 2012 - 2021, dengan besarnya pengaruh
12,46% dan sisanya 87,54% dari faktor lain. Return on Equity tidak berpengaruh
secara negatif dan Signifikan terhadap price earning ratio pada PT. Indofood
Sukses Makmur periode 2012 - 2021 dengan besarnya pengaruh 18,923 % dan
81,07 % dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan Secara simultan tidak
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap price Earning Ratio pada PT.
Indofood Sukses Makmur periode 2012 - 2021 dengan besar pengaruh 24, 30%
dan 75,70% dari faktor lain.
Diharapkan PT. Indofood Sukses Makmur memaksimalkan nilai Current ratio
dan Return on Equity sehingga dapat meningkatkan nilai Price Earning Ratio.
Dalam pengambilan keutusan mengenai penerapan nilai perusahaan, Manajemen
perusahaan diharakan harus melihat kondisi nilai perusahaan tersebut. Agar dapat
memberikan keuntungan bagi perusahaan.