dc.description.abstract |
Ana Sofiana. NIM. 3402190032. Pengaruh Foreign Branding dan Desain
Produk terhadap Purchase Intention (Suatu Studi pada Konsumen MS Glow di
K-Shop Ciamis). Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E.,M.M
(Pembmbing I) dan Bapak Kasman, Drs., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya purchase intention konsumen
pada produk MS Glow di K-Shop Ciamis belum sepenuhnya optimal. Hal tersebut
diakibatkan oleh belum optimalnya foreign branding dan desain produk. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana pengaruh foreign branding
terhadap purchase intention pada produk MS Glow di K-Shop Ciamis?; 2)
Bagaimana pengaruh desain produk terhadap purchase intention pada produk MS
Glow di K-Shop Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh foreign branding dan desain
produk terhadap purchase intention pada produk MS Glow di K-Shop Ciamis?.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Besaran
pengaruh foreign branding terhadap purchase intention pada produk MS Glow di K-
Shop Ciamis; 2) Besaran pengaruh desain produk terhadap purchase intention pada
produk MS Glow di K-Shop Ciamis; 3) Besaran pengaruh foreign branding dan
desain produk terhadap purchase intention pada produk MS Glow di K-Shop Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan
pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada MS
Glow di K-Shop Ciamis yang melakukan transaksi pada bulan Juni – November
2022 dengan jumlah populasi yaitu sebanyak 1.524 orang, jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah sebanyak 94 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data
dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan
penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai
berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan foreign branding terhadap
purchase intention pada produk Ms Glow di K-Shop Ciamis dengan hasil uji korelasi
sebesar 0,6003 yang memilki tingkat hubungan yang kuat dengan pengaruh sebesar
36,04%. Hal tersebut sejalan dengan uji hipotesis diketahui bahwa t hitung = 7,119 > t tabel
= 1,999, artinya hipotesis diterima; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan desain
produk terhadap purchase intention pada produk Ms Glow di K-Shop Ciamis dengan
hasil uji korelasi sebesar 0,733 yang memilki tingkat hubungan yang kuat dengan
pengaruh sebesar 53,67%. Hal tersebut sejalan dengan uji hipotesis diketahui bahwa t
hitung = 10,324 > t tabel = 1,999, artinya hipotesis diterima; 3) Terdapat pengaruh positif
dan signifikan foreign branding dan desain produk terhadap purchase intention pada
produk Ms Glow di K-Shop Ciamis dengan hasil uji korelasi sebesar 0,772 yang
memilki tingkat hubungan yang kuat dengan pengaruh sebesar 59,59%. Hal tersebut
sejalan dengan uji hipotesis diketahui bahwa F hitung = 67,095 > F tabel = 3,10, artinya
hipotesis diterima. |
en_US |