dc.description.abstract |
Fahra Ni'matul Maola, NIM 3402190246 “Pengaruh Bauran Pemasaran dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada
Piknik Cafe Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka)”. Dibawah
bimbingan Dr. Hj. Aini Kusniawati., M.M. (Pembimbing I) dan Faizal Haris
Eko Prabowo, SE., M.M. (Pembimbing II).
Perkembangan UMKM dalam perekonomian Indonesia ditunjukkan oleh
populasinya sebagai pelaku usaha terbesar. Salah satu cara memperhatikan
keberhasilan bisnis perusahaan atau UMKM dengan cara menerapkan beberapa
aspek bauran pemasaran diantaranya Product, Place, Price, Promotion, People,
Process, Physical evidence untuk memenuhi misi suatu perusahaan di pasar
sasarannya. Dengan demikian, strategi ini menghindari dan meminimalisir
kekurangan pada pemasaran dalam sebuah perusahaan. Selain itu, keberhasilan
dalam menjalankan bisnis UMKM tak terlepas dari kemampuan para pelaku
usahanya untuk meningkatkan maupun mempertahankan kualitas mutu pelayanan.
Pemberian bauran pemasaran dan kualitas pelayanan yang baik inilah yang bisa
menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen agar bisnis bisa terus
berkembang dan terciptanya kepuasan dari konsumen. Adapun tujuan dalam
penelitian ini dimaksudkan pada : Bagaimana Bauran Pemasaran dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Piknik Cafe Kecamatan
Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk analisis
data yang diperoleh digunakan analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien
determinasi, analisis koefisien korelasi berganda, analisis regresi linier berganda,
uji parsial (uji t), dan uji signifikasi (uji F). hasil dari penelitian dan pengolahan
data menunjukan bahwa Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Diharapkan Piknik Cafe
Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka meningkatkan Bauran
Pemasaran dan Kualitas Pelayanan sehingga akan lebih meningkatkan Kepuasan
Konsumen. |
en_US |